SAR-BNPB TANAH DATAR official website | Members area : Register | Sign in

Bencana Angin Puting Beliung di Rao-Rao Tanah Datar

Minggu, 11 Desember 2011

Share this history on :
TANAH DATAR – Bancana angin Puting Beliung telah melanda wilayah Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungaitarab Kabupaten Tanah Datar.Sebanyak 48 buah rumah menjadi hancur termasuk sarana tali bandar dan akses jalan Batusangkar-Bukittinggi tertutup oleh pohon tumbang.
Semua rumah yang terkena “angin gila” tersebut berada di wilayah Jorong Balerong Bunta Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungaitarab Tanah Datar, hingga tadi malam lokasi musibah masih ramai dikunjungi warga yang berdataangan dari sejumlah Nagari tetangga.
Peristiwa bancana Angin Putung Beliung itu terjadi pada hari Minggu 10/12, sekitar pukul.14.15 WIB, 6 buah rumah tercatat sebagai penderita terparah, rumah tidak dapat dihuni, pemilik rumah terpaksa diungsikan ke rumah tetangga.
Anggota BPBD Tanah Datar begitu menerima laporan dari warga setempat, langsung menuju lokasi, yang dipimpin Kepala Badan Drs.Altri Suandi. Pohon tumbang yang menghambat akses jalan raya Batusangkar menuju Bukittinggi, dalam waktu setengah jam berhasil dibuka kembali dengan mengerahkan peralatan pemotong pohon kayu ( sinso ).
Sementara sebanyak enam keluarga yang rumahnya rusak berat, hingga pukul 20.00 WIB tadi malam 10/12 telah berhasil diungsikan ke rumah-rumah tetangga korban yang tidak terkena musibah angin kencang.
Sebanayak 48 buah rumah warga yang terkena musibah, sebanyak 10 buah diantaranya merupakan bangunan Rumah Gadang milik kaum adat di wilayah Nagari Rao-Rao, termasuk bangunan rumah yang dihuni keluarga Wali Jorong  Balerong Bunta sendiri.
Camat Sungaitarab Drs.Syahril bersama anggota Muspika dan Wali Jorong se Nagari Rao-Rao, telah melakukan pendataan bersama petugas BPBD,PMI, Pol PP dan Dinas Sosial /Tenaga Kerja, telah melakukan identifikasi warga serta jumlah anggota keluarga yang ditimpa musibah.
“Alhamdulillah hingga tadi malam, masih dinyatakan tidak ada korban jiwa”, tutur Camat Drs.Syahril yang telah melakukan pertemuan koordinasi dengan sejumlah anggota Muspida di ruangan kantor Walinagari Rao-Rao.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kab.Tanah Datar Drs.Altri Suandi mengatakan, atas musibah angin Puting Beliung itu, telah dilakukan langkah-langkah berupa rapat koordinasim membuka akses jalan yang tersumbat pohon kayu tumbang, mencarikan tempat evakauasi bagi warga yang rumahnya rusah berat, peemberian banaatuan logistik berupa pangan serta mengkoordinasikan dengan Dinas terkait.( Emrizal Humas BPBD Tanah Datar )




Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Album Anggota SAR-BPBD Tanah Datar

Kegiatan SAR - BPBD Tanah Datar