SAR-BNPB TANAH DATAR official website | Members area : Register | Sign in

Akibat longsor menimbun badan jalan raya di wilayah Jorong Bayua Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjungbaru Tanah Datar

Kamis, 01 Desember 2011

Share this history on :
BATUSANGKAR KABUPATEN TANAH DATAR – Akibat longsor menimbun badan jalan raya di wilayah  Jorong Bayua Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjungbaru  Tanah Datar Senin 28/11, hubungan transportasi Bukittinggi- Batusangkar putus total selama tiga jam.
Material longsor berupa tumpukan tanah tebing berikut pepohonan yang ikut terban, membuat badan jalan raya dari Batusangkar menuju Bukittinggi menjadi putus total sekitar pukul 8.00 WIB hingga pukul !!.)) siang.Kendaraan yang akan lewat terpaksa antri cukup panjang, mencapai lima kilo meter.
Kepala BPBD Tanah Datar Altri Suandi ketika mendapat informasi dari Muspika Kecamatan Tanjungbaru beberapa menit setelah bencana longsor itu terjadi, langsung menurunkan sejumlah personil, yang terdiri dari Kasi Kedaruratan dan sejumlah tenaga SAR Tanah Datar.
Untuk membersihkan sejumlah pohon kayu yang terban bersama longsoran , anggota SAR BPBD Tanah Datar yang dikomandoi Hendra BM dan Malin menerjunkan sebanyak dua buah mesin sinso , setelah dipotong lalu disingkirkan ke pinggiran jalan.
Selain petugas dari BPBD Tanah Datar, juga ikut turun sejumlah anggota kepolisian Linmas Polres Tanah Datar, anggota Polsek Tanjungbaru dan para personil dari kantor Camat Tanjungbaru yang bergoro secara membahu dalam meneembus ruas jalan yang terputus.
Camat Tanjungbaru Suhardi ketika ditemui Haluan di lokasi longsor tersebut kemarin mengatakan, bahwa ruas jalan raya di wilayah Kecamatan Tanjungbaru, diketahui rawan longsor, tebing-tebing curam yang ada di pinggiran ruas jalan mudah sekali mengalami longsor bila hujan sering turun.
Satu unit alat berat berupa buldozer milik PU Bina Marga Tanah Datar ikut membantu membebaskan material tanah yang menimbun ruas jalan, kendaraan yang akan lewat ,terpaksa menunggu selama tiga jam untuk bisa melewati ruas jalan dari Batusangkar menuju Bukittinggi di wilayah Jorong bayua Tanjung Alam tersebut.
“Selama tahun 2011 ini, sekurangnya telah terjadi sebanyak 10 kali bencana tanah longsor, termasuk dua kali berakibat terputusnya sarana transportasi, karena ruas jalan raya tertimbun material longsor.(Emrizal Humas BPBD Tanah Datar )

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Album Anggota SAR-BPBD Tanah Datar

Kegiatan SAR - BPBD Tanah Datar