SAR-BNPB TANAH DATAR official website | Members area : Register | Sign in

WAKIL BUPATI TANAH DATAR H.HENDRI ARNIS MEMBUKA PELATIHAN SAR TANAH DATAR

Rabu, 25 Januari 2012

Share this history on :
Tingkat musibah bencana yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Tanah Datar, diperlukan upaya antisipasi dan penanganan yang professional, tenaga andalan SAR sebagai ujung tombak BPBD Luhak nan Tuo, perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan, terutama dalam menguasai tantangan alam yang cukup berat.
“Kita tidak menginginkan datangnya bencana, namun harus diantisipasi dengan berbagai keterampilan, sehingga warga yang dilanda musibah dapat tertolong secara cepat, terarah sesuai sasaran yang akan ditangani”, tutur Wakil Bupati H.Hendri Arnis ketika membuka pelatihan SAR di aula eksekutif kantor Bupati Jln.Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Jum’at 20/1.
Pada kesempatan itu Wabup mengharapkan, agar setiap kejadian bencana dapat masyarakat mendapat peertolongan secara cepat, ini Sangat ditentukan dari tingkat pengetahuan dan keterampilan para relawan SAR BPBD  Tanah Datar.
Semantara ketua tim kesehatan SAR Tanah Datar Dokter Ardian memberikan berbagai materi yang berkaitan dengan upaya memberikan pertolongan kepada korban bencana , terutama dalam memberikan pertolongan pertama bagi korban di lokasi bencana.Kepala BPBD Tanah Datar Altri Suandi mengemukakan sekitar  kesiagaan dalam memberikan pertolongan dan bantuan terhadap korban bencana yang memerlukan bantuan secara cepat dan tepat di lokasi bencana.
Sekretaris BPBD Tanah Datar Deddy Prihatin dalam paparanmya sekitar tertib manajemen kebencanaan menekankan, bahwa setiap operasional ke lapangan setiap personil, termasuk relawan SAR perlu mempersiapkan andiminstrasi, terutama menyangkut keuangan , perlu dengan data yang jelas dan akurat.
Syarifuddin selaku Kasi Kesiapsiagaan menguraaikan sekitar upaya yang harus dilakukan dalam mengantisipasi kejadian bencana, sejumlah lahan yang dianggap rentan terhadap terjadinya musibah bencana, perlu disurvey dan didata, agar warga yang ada di sekitar lokasi dapat lebih meningkatkan kesiagaan.
Selama rentang waktu tahun 2011 lalu, kejadian bencana di wilayah Luhak nan Tuo memiliki angka tertinggi, sehingga ke depannya harus lebih meningkatkan kewaspadaan,terutama membekali diri dari berbagai keterampilan di lapangan.
Untuk meningkatkan kemampuan navigasi darat, para anggota SAR yang terdiri dari sebanyak 30 orang personil itu, dilatih Dalam keterampilan menemukan orang hilang dengan menyisir lokasi yang diduga sebagai lahan yang menyebabkan seorang warga mengalami nyasar di lahan hutan.
Usaha mengevakuasi warga yang terjebak ganasnya alam, seperti lereng perbukitan yang cukup terjal, juga telah dicobakan berbagai tehnik dalam peneyelamatan korban dengan menggunakan tali, korban berhasil diselamatkan tanpa resiko.

Medan yang dipakai sebagai lokasi evakuasi adalah lereng perbukitan batu hampar di lokasi bumi perkemahan belakang komplek Istano Basa Pagaruyung, yang diikuti oleh anggota yunior dan senior yang telah berpengalaman di medan bencana tsunami Aceh dan Mentawai.( h/emz ).
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Album Anggota SAR-BPBD Tanah Datar

Kegiatan SAR - BPBD Tanah Datar