SAR-BNPB TANAH DATAR official website | Members area : Register | Sign in

TANAH DATAR TERIMA BANTUAN 5000 MASKER Altri Suandi : Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang

Senin, 10 Oktober 2011

Share this history on :

Masker

Kepala BPBD Kabupaten Tanah Datar, Altri Suandi terima bantuan 5000 masker dari BPBD Propinsi Sumatera Barat yang diserahkan langsung oleh anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat Rizanto Algamar dan di dampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Propinsi Sumbar/Kapusdal Ops PB Sumbar, Ade Edwar, Sabtu (8/10) di Kantor BPBD Kabupaten Tanah Datar.
Ade Edward dalam kesempatan ini mengatakan bahwa dengan meningkatnya status Gunung Marapi BPBD Propinsi Sumatera Barat telah melakukan sosialisasi dan himbauan terhadap masyarakat.  BPBD Propinsi juga telah siap terhadap hal terburuk sekalipun, untuk itu telah disiapkan 26 titik jalur evakuasi dan untuk pos bantuan evakuasi disediakan diluar radius 5 sampai 7 KM dari kaki gunung marapi agar tidak terulang kejadian separti di Jokja tambahnya.
Masker_1
Sementara Altri Suandi mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Tanah Datar melalui BPBD Kabupaten Tanah Datar selama ini telah mendistribusikan sebanyak 1720 masker ke beberapa Kecamatan yang rawan terhadap bahaya abu vulkanik gunung marapi diantaranya Kec. X Koto, Pariangan, Sungai Tarab dan Salimpaung dengan tujuan untuk mengantisipasi terjangkitnya radang tenggorokan/ispa akibat abu gunung marapi.
ok
Kepada masyarakat Altri Suandi menghimbau untuk tenang tapi tetap dalam kesiapsiagaan jika terjadi Peningkatan Status Gunung Api Marapi dan menunggu informasi selanjutnya dari pihak yang berwenang (Radio Pemda) dan Posko siaga bencana Kabupaten Tanah Datar, apabila terjadi peningkatan erupsi yang mengeluarkan abu vulkanik diharapkan masyarakat untuk memakai masker agar tidak terkena radang tenggorokan, sumber air bersih yang terbuka untuk segera ditutup, agar tidak tercemar oleh Abu Vulkanik yang disemburkan Erupsi Gunung Api Marapi, Masyarakat diminta untuk secepat mungkin melapor ke aparat Pemerintahan Nagari / ke posko Induk bencana bila terjadi perubahan situasi Gunung Api Marapi.
masker_2
Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi bencana letusan gunung marapi  seperti Melakukan Survey kelokasi titik – titik rawan di Kawasan rawan Bencana Gunung Api Marapi, Melakukan rapat Koordinasi dengan SKPD terkait, Melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi Sumatera Barat secara intensif dan Pengamat Gunung Api Marapi (PVMBG) Kota Bukittinggi, Membuat rencana jalur evakuasi dan tempat pengungsian, Menyiapkan data penduduk yang berada dikawasan rawan bencana yaitu di kecamatan X Koto, Batipuh, Pariangan, Lima Kaum, Sungai Tarab, Salimpaung dan Tanjung Baru, Menyiapkan Sarana dan Prasarana Peralatan Evakuasi dan Penanganan Pengungsi, Menyiapkan Kebutuhan Logistik, Menyiapkan data ternak dan Lahan Pertanian di wilayah kawasan rawan Bencana, dan Menyiapkan Posko Lapangan Di Nagari koto Baru dan Nagari Pariangan Serta Posko Induk di BPBD Tanah Datar.
Dalam kesempatan ini juga hadir Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kab. Tanah Datar, Ir. Edi Arman, Kepala Dinas Sosial Kab. Tanah Datar, Sri Mulyani, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tanah Datar, Desnalita dan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar, H. Darisman. (Humas/Hadi-Heri)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Album Anggota SAR-BPBD Tanah Datar

Kegiatan SAR - BPBD Tanah Datar