SAR-BNPB TANAH DATAR official website | Members area : Register | Sign in

Kepala BNPB RI H.Syamsul Maarif menyerahkan Bantuan Kepada BPBD Tanah Datar sebesar Rp.200 Juta

Jumat, 14 Oktober 2011

Share this history on :




 BATUSANGKAR – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) H.Syamsul Maarif mengharapkan kepada warga yang bermukim di sekitar lereng gunung api Marapi, untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan.
“Bila selalu dalam suasana waspada musibah tidak akan pernah terjadi dalam kehidupan kita”tutur Syamsul Maarif  di hadapan Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe bersama anggota Muspida, pimpinan SKPD dan para relawan kabupaten Tanah datar di Koto Baru Kecamatan X Koto Kamis 13/10 kemarin.
Gunung api Marapi yang pada dua bulan terakhir menyemburkan abu vulkanik, diharapkan untuk dapat disikapi secara arif dan bijak, terutama dalam mengikuti aturan yang telah ditetapkaan , seperti tidak melanggar larangan untuk melakukan pendakian.
Erupsi gunung Marapi telah berakibat nyata bagi gangguan kesehatan warga Tanah Datar dan Kabupaten Agam, pada tujuh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar, telah didistribusikan sebanyak 6000 lebih maseker.Bahkan pada sejumlah wilayah Nagari di Luhak nan Tuo ini sudah terindikasi sejumlah warga yang terkena serangan penyakit ISPA, berupa gangguan radang tenggorokan dan pernapasan.
Untuk upaya penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Syamsul Maarif menyerahkan bantuan dana sebesar Rp.200 Juta.
Sementara untuk kebutuhan penanganan bencana di Sumatera barat, BNPB pusat selalu menganggarkan dana secara rutin sebesar Rp.1 Milyar setiap tahunnya.
Bantuan tersebut diharapkan untuk dapat dimanfaatkan guna mengantisipasi bahaya bencana yang bakal melanda waraga, seperti kegiatan sosiaalisasi dan simulasi penanganan bencana kepada berbagai lapisan warga, terutama anak-anak sekolah.
Sementara Bupati M.Shadiq Pasadigoe mengharapkan kepada Kepala BNPB untuk senantiasa memberikan bantuan kepada Pemkab Tanah Datar, yang saat ini masih mengalami kendala berbagai peralatan dalam upaya penanganan bencana.
Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim mengharapkan,perhatian yang telah diberikan BNPB selama ini untuk dapat ditingkatkan untuk masa mendatang.
“Bapak Syamsul Maarif sudah lebih dari seorang mamak yang memperhatikan kemenakannya di Sumatera Barat,Kapai tampek babarito”, tuturnya.
Kepala BPBD Tanah Datar Drs.Altri Suandi di sela-sela acara penyerahan bantuan dari BNPB tersebut di Koto Baru mengatakatan, bahwa untuk lebih meningkatkan kegiatan penanganan bencana, pihaknya masih memerlukan sejumlah peralatan, mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari Bp.Syamsul Maarif ini, akan dapat ditingkatkan upaya penanganan bencana, baik melalui sosialisasi kepada semua lapisan warga, maupun kegiatan simulasi kepada para siswa di lingkungan sekolah.( h/emz )




Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Album Anggota SAR-BPBD Tanah Datar

Kegiatan SAR - BPBD Tanah Datar