SAR-BNPB TANAH DATAR official website | Members area : Register | Sign in

Tim Relawan aus AID Kunjungi Lokasi gunung api Marapi

Senin, 21 November 2011

Share this history on :
 Tanah Datar Sumbar, Tim Relawan Australia ( aus AID ) yang beranggotakan  Mat Kimberley ( Chief of Operation ),Hellen Mcfarlane ( Director Health & DRU ), Widya Setyowati ( Program Manager Healt ), Piter Edward ( Program Manager Disaster Response Unit ) dan Dimas Purnama ( Program Manager AIFDR ), kunjungi lokasi lokasi terdekat kepundan gunung api Marapi di Posko Bencana  BPBD Tanah Datar di Koto Baru Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Senin 21/11.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daeraah ( BPBD ) Kabupaten Tanah Datar Sumbar Drs.Altri Suandi dalam eksposenya menyebutkan, bahwa sejak tanggal 3 Agustus lalu, gunung api Marapi yang terletak di wilayah Kabupaten Tanah datar dan Agam, telah menunjukkan aktivitasnya dengan menyemburkan abu vulkanik.
“Abu vulkanik yang disemburkan Marapi diketahui mengandung gas beracun, bila para pendaki gunung menghirup gas yang cukup aktif sebelum matahari terbit itu, maka akan menimbulkan akibat yang cukup fatal”, tuturnya.
Menurut Drs.Altri Suandi, Wilayah Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari 14 Kecamatan itu, 7 Kecamatan diantaranya terletak pada lereng gunung api Marapi, artinya seluas 50 persen berada di pinggang gunung yang memiliki ketinggian 2891 meter di atas permukaan laut itu.
Jumlah penduduk secara keseluruhan wilayah Luhak nan Tuo ada sebanyak 90.000 jiwa, 60.000 orang diantaranya bermukim di wilayah pinggang gunung Marapi, sehingga perlu mendapatkan perhatian yang cukup tinggi bagi upaya penyelamatan bila gunung ini beraktivitas menyemburkan lahar.
Sebagai antisipasi terhadap keamanan masyarakat akibat erupsi Marapi, Pemkab Tanah Datar juga telah melakukan sosialisasi dengan warga, terutama warga yang bermukim di wilayah lereng gunung, seperti Kecamatan X Koto, Batipuh, Pariangan, Sungaitara, Salimpaung dan Tanjung Baru.
BPBD Tanah Datar yang berkoordinasi dengan instransi terkait juga telah merencanakan sejumlah jalur evakuasi.Untuk menampung warga yang akan dievakuasi, telah disediakan sebanyak delapan lokasi evakuasi, berupa bangunan gedung serta sejumlah lapangan bola kaki, lokasinya berada pada radius 10 hingga 15 kilo meter dari lobang kepundan.
Abu vulkanik yang telah menyiram sejumlah wilayah Nagari seperti pada Kecamatan Pariangan, Sungaitarab, Salimpaung dan Tanjungbaru, kepada para siswa sekolah telah diserahkan sejumlah 6.600 buah masker.
Dalam kapasitasnya status gunung Marapi hingga saat ini dalam status level Siaga ( Level II ), dari data yang didapat pada Badan Vulkanologi Bukittinggi, frekwensi semburan abu vulkanik dalam satu harinya tidak kurang dari 5 hingga 7 kali.
Pihak BPBD Tanah Datar secara rutin selalu melakaukan pemantauan pada tiga buah posko yang telah dioperasikan, masing-masing Posko Induk di BPBD Tanah datar ( Batusangkar) dibantu dua buah posko pembantu yang ditempatkan di Nagari Parianagan dan Koto Baru kecamatan X.Koto.
 Dalam ekspose Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Tanah Datar tersebut, juga dikemukakan kepada Relawan ausAID, bahwa untuk penanganan bencana ke depan BPBD Tanah Datar masih mengalami kekurangan berbagai peralatan operasional lapangan, berupa sejumlah tenda dan peralatan komunikasi. ( Emrizal/Humas BPBD Tanah Datar ).
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Album Anggota SAR-BPBD Tanah Datar

Kegiatan SAR - BPBD Tanah Datar